Jumat, 24 Juni 2016

MOTIVASI KERJA

Motivasi Kerja


            Tidak ada bangsa yang sejahtera dan dihargai bangsa lainnya tanpa kemajuan ekonomi. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia yang banyak. Setiap tahun perguruan tinggi di masyarakat meluluskan mahasiswanya dengan berbagai bidang  pendidikan. Terutama bidang akuntansi. Ini juga merupakan potensi yang besar bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang maju.
            Bidang Akuntansi bisa dikatakan adalah bidang yang paling banyak dimiliki oleh berbagai perusahaan diluar sana. Tanpa adanya bidang akuntansi maupun bidang-bidang diluar akuntansi, maka sebuah perusahaan tidak akan berjalan dengan baik.
            Setiap tahun muncul ribuan tenaga kerja baru. Kita sebagai mahasiswa Indonesia, terutama mahasiswa akuntansi harus siap menghadapi persaingan kerja yang tidak mudah ini. Bukan hanya persaingan dalam negeri, tetapi juga persaingan luar negeri.
            Banyak mahasiswa diluar sana yang sudah mempelajari akuntansi. Tetapi masih ada saja diantara mereka yang resah akan nasib baru mereka yaitu nasib dimana mereka akan masuk ke dalam dunia kerja, yang banyak dikatakan orang-orang bahwa dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Keresahan yang dirasakan tentu sudah pasti ada dibenak mereka. Apalagi yang belum mempunyai pengalaman kerja sama sekali.
            Diantara banyaknya perusahaan diluar sana, tentu ada perusahaan yang ingin mencari pekerja dengan pengalaman yang memadai. Ini merupakan pengalaman dari teman saya. Dia sudah menjadi sarjana, ketika dia melamar pekerjaan sudah beberapa kali ditolak oleh perusaahan karena alasan minim pengalaman kerja atau bahkan tidak mempunyai pengalaman kerja sama sekali. Untuk yang bernasib sama dengan teman saya atau yang sudah terlanjur seperti itu, jangan khawatir, karena masih banyak usaha/cara yang dapat kita lakukan. Salah satu caranya, dapat memperdalam lagi ilmu akuntansi diberbagai tempat khursus. Tetapi tidak semua mampu untuk mengikuti kursus dikarenakan biaya kursus akuntansi yang memang terbilang mahal. Untuk yang tidak dapat mengikuti kursus ditempat-tempat kursus, jangan khawatir karena kita bisa mempelajarinya lewat media lain. Membaca buku akuntansi diperpustakaan atau bisa bertukar pikiran dengan teman. Kita tidak hanya bekerja untuk perusahaan-perusahaan diluar sana, tetapi kita bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru. Dengan bertambahnya ilmu akuntansi yang kita miliki, kita bisa saja membuka tempat les atau kursus dirumah untuk anak-anak sekolah yang berminat ingin mempelajari ilmu akuntansi. Karena bekerja bisa dimana saja.
            Kita harus bisa memotivasi diri kita sendiri, bahwa kita siap menghadapi kemajuan ekonomi saat ini. Kerasnya perjuangan akan membuat hidup terasa lebih menyenangkan, karena segala sesuatu yang bernilai tidak akan datang dengan mudah.  Seperti sebuah syair yang menyatakan “Bekerjalah kamu untuk duniamu seolah-olah kamu akan hidup selamanya, dan bekerjalah kamu untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati esok.”

Tulisan ini untuk memenuhi tugas softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional

Nama   : A.D.Mentari
Dosen  : J.Barus, SE.,MMSI



UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar